Thursday, October 4, 2012

Pengertian & Perbedaan Platform dan OS


Sebelum kita memulai membahas tentang Platform anda harus tahu bahwa sebenarnya platform terbagi 2, yaitu platform yang bekerja pada Hardware dan Software (OS) dan Platform yang bekerja pada Software saja (JAVA,  .Net), tetapi dalam postingan ini saya akan menjelaskan platform yang bekerja pada Hardware & Software.

Apa itu Platform?

Platform adalah arsitektur hardware/fondasi/standar bagaimana sebuah sistem dimana aplikasi/program dapat berjalan; atau bisa juga dikatakan Platform adalah dasar dari teknologi dimana teknologi yang lain atau proses-proses dibuat. Sebuah Platform terdiri dari sistem operasi yaitu program sistem koordinasi komputer  yang memberikan perintah-perintah kepada prosesor dan hardware untuk melakukan operasi-operasi logis dan mengatur pergerakan data di komputer. Banyak orang beranggapan bahwa Platform dan Sistem Operasi adalah sama, namun pada kenyataanya tidak. Platform merupakan dasar atau tempat dimana sistem operasi bekerja, tanpa platform sistem operasi tidak akan bisa berjalan. 

Contoh-contoh platform :
PC, MAC, PDA/Smartphone, Xbox, PS3, Nintendo Wii, dll.



Selanjutnya sistem operasi :

Apa itu Sistem Operasi?

Seperti yang saya katakan ditulisan sebelumnya, Sistem Operasi adalah sistem yang menkoordinir komputer dengan memberikan perintah-perintah kepada prosesor dan hardware untuk melakukan operasi-operasi logis yang diperintahkan, SO juga bertanggung jawab dalam mengatur pergerakan data di komputer. Sistem Operasi adalah program yang pertama kali dieksekusi atau dijalankan oleh komputer untuk menjalankan program-program atau aplikasi yang ada didalamnya. Sistem Operasi umumnya berfungsi sebagai pengelola sumber daya dan extended machine, selain itu SO juga berfungsi sebagai jembatan antara software dengan hardware komputer, dimana perintah-perintah yang dimasukkan melalui software dijalankan atau diproses oleh hardware.

Contoh-contoh Sistem Operasi :
Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Mac OS X Leopard, Mac OS X Lion, Android Froyo, Android Ice Cream Sandwich, WindowsPhone 7, WindowsPhone 8, dll.

Melalui penjelasan diatas saya rasa anda sudah dapat menarik kesimpulan sendiri apa perbedaan dari Platform dan Sistem Operasi.


Sumber : HTTP://WWW.GOOGLE.COM

No comments:

Post a Comment